Lihat Kisah di Balik Lagu What a Wonderful World!

Wise man said…

Pasti sudah tidak asing dong dengan lirik lagu di atas? Ya, itu merupakan sepenggal lirik dari lagu What a Wonderful World dari Loius Armstrong. Dapat dikatakan ini merupakan salah satu lagu yang paling populer di muka bumi dan sering diputar dari waktu ke waktu.

Dari generasi mana pun pasti sudah mengenal lagu dengan komposisi pop dan jazz klasik ini. Nah, bagaimana sekarang kita lihat yuk kisah dari balik lagu satu ini?

Lagu ini merupakan lagu yang diciptakan oleh Bob Thiele dan George David Weiss, lalu dinyanyikan oleh Louis Armstrong di tahun 1967. Pada saat ini Amerika tengah berada di tengah-tengah era politik yang keruh, penuh akan kebencian, dan bahkan rasialisme sangat mengecam.

Lalu muncullah lagu ini sebagai antidot. Harapannya adalah agar dapat mengembalikan berbagai harapan untuk memiliki hidup lebih baik, damai, indah, dan harmonis.

“I see Trees of Green… Red roses too.. I see them bloom.. For me and you”

Jika kita perhatikan liriknya, di sini sang penyanyi tengah berkhayal mengenai dunia yang indah, dunia yang sempurna, di mana hanya terdapat cinta yang ada disekelilingnya.

“I see friends shaking hands, saying ‘How do you do’… They’re really saying I Love you”

Di bait lagu ini juga menunjukkan bagaimana gambaran keharmonisan yang diharapkan oleh penyanyi. Ia bahkan menekankan kalau kedua orang tersebut benar-benar mengucapkan aku cinta kamu, seakan itu merupakan hal yang tidak mungkin terjadi.

Meski merupakan lagu yang rilis di Amerika Serikat, tetapi anehnya lagu What a wonderful World ini lebih populer di Inggris. Perilisan lagu ini kurang mendapatkan respons yang baik di negeri Paman Sam.

Lagu yang awalnya ditawarkan kepada Tonny Bennet ini bahkan tidak mendapatkan promosi karena pihak label rekaman yakni ABC Records kurang menyukainya.

Tetapi tanpa diduga-duga, Inggris malah menyambut hangat lagu ini. Bahkan lagu yang dinyanyikan Louis Armstrong ini sampai menjadi nomor 1 dan menjadi singlet terlaris pada tahun 1968.

Kepopuleran lagu ini membuatnya bahkan diabadikan di Grammy Hall of Fame di tahun 1999. Hingga kini, sejarah mencatat lagu What a Wonderful World sebagai lagu klasik milik dunia.

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas